Minggu, 22 Mei 2011

QoS = Pendefenisian

Qos terbagi menjadi 3:

3 level dari pengelompokan QOS berdasarkan service model:
service model ini mengacu pada bagaimana gambaran kemampuan bagaimana qos mengatur mainset dari end to end networknya.

1.Best Effort service
sesuai namanya mungkin bisa di pahami bahwa ini adalah saah satu mechanism qos yang tidak memiliki garansi untuk mengatur paket yg ada.

2.Integrated Service
ini merupakan model qos yang mengaransi level service dengan cara menegotiation network parameter end to end nya. kata lainnya ini harus di configure di semua interface yg di lewati oleh data tersebut.
Aplikasi nantinya akan "merequest" level untuk dirinya. dan penting untuk di ingat aplikasi tidak akan mulai mengirim sampai dia menerima signal dari network sampai network tersebut dapat menghandle load dan menyediakan request end to end networknya.
nah untuk mendukung hal ini maka digunakan sebuah proses di sebut CALLED ADMINISION CONTROL.Admision control adalah mekanisme untuk mencegah network menjadi overload.
kembali lagi seperti yg telah di sebutkan di atas, bahwa network tidak akan mengirim sebuah signal ke aplikasi untuk memulai mengirimkan data jika sebuah request qos tidak sampai.

Cisco ios memiliki 2 fitur untuk menyediakan integrated service:
1.RSVP Resource reservation Protocol
2.Intelegent queuing

Weighted Random Early Detection (WRED) adalah salah satu cara untuk memperlakukan data setelah antrian (queue) penuh, sebenarnya interface mempunyai default behavior untuk ini yaitu dengan tail drop = yang artinya data selanjutnya setelah queue penuh yaitu dengan di drop.nah kembali ke WRED yaitu cara WRED memperlakukan data yg data setelah queue penuh yaitu dengan mendrop paket secara acak dan WRED mengunakan ip precedence sebagai dasar untuk membedakan cara drop dari masing2 paket.
caranya? WRED akan memonitor rata2 kedalaman queue dan memulai mendrop paket dimana dengan cara mengkalkulasi atau menghitung minimum threshold value.

Tidak ada komentar: