Rabu, 03 Desember 2008

Zimbra Collaboration Suite (ZCS) - Email server kini lebih mudah


Awal melihat tampilan Zimbra ini saya penasaran, penasaran dengan tampilan sih awalnya.tetapi fitur yang di tawarkan juga sangat melimpah. Yang sangat - sangat menarik dari zimbra ini adalah dari login administrator anda sudah bisa memanage semua apa yang anda butuhkan, mulai dari pengaturan quota user, login ke inbox masing - masing user, menhapus, spam, antivirus yang sudah terintegrasi menjadi satu dan fitur administrator lainya dalam grafik tanpa perlu berurusan dengan console (kecuali install, start dan stop service tertentu). Perlu diketahui zimbra ini mendukung lebih dari satu domain, jadi anda bisa memanage banyak domain dengan hanya satu zimbra saja. Anda hanya perlu mendaftarkan account untuk pertiap domain tetapi dengan catatan anda harus login dengan domian lengkap.
Satu hal yang mengganjal dalam penggunaan Zimbra ini, karena ini merupakan GNU jadi banyak penggunaan logo Zimbra dalam mail server ini, jika anda menggantinya berarti anda sudah melanggar licensi awal dari mereka, sebagai contoh anda akan menemukan logo Zimbra besar di login page awal seperti berikut :


Tapi anda dapat saja mengakali nya dengan mengubah logo tersebut dengan logo perusahaan anda misalnya, dan memang bisa, hanya diperlukan sedikit keahlian membaca scrip bahasa pemograman)

Tidak ada komentar: