Kamis, 04 Agustus 2011

Beda Dot1q dengan ISL

pertanyaan yg gampang tapi seringkali tidak bisa di jawab dengan 'sungguh-sungguh' hehe, mulai sekarang gua akan sering menggunakan kata sungguh-sungguh yg artinya paham benar buat gw.

Trunk di dalam koneksi layer 2 digunakan untuk membawa lalu lintas yang dimiliki beberapa VLAN antara perangkat melalui link yang sama. Sebuah perangkat dapat menentukan lalu lintas VLAN milik menurut pengenal VLAN nya. Identifier VLAN adalah tag yang dienkapsulasi dengan data. ISL dan 802.1Q dua jenis enkapsulasi yang digunakan untuk membawa data dari beberapa VLAN melalui trunk link.

ISL merupakan protokol proprietary cisco untuk hubungan antar switch, artinya tidak akan mungkin switch merk perangkat lain untuk menggunakan ISL.
ISL hanya mendukung 1000 vlan. Dalam ISL original frame akan di encapsulasi dan ditambahkan sebuah header sebelum frame di bawa melalui line trunk, begitu frame tersebut sampai di penerima akhir trunk! maka header yg ditambahkan kemudian dibuang dan frame kemudian diteruskan ke vlan yg dituju.

802.1Q adalah standar IEEE untuk frame penandaan pada batang dan mendukung hingga 4096 VLAN. Dalam 802.1Q, yang trunking menyisipkan perangkat tag 4-byte ke frame asli dan frame check sequence (FCS) sebelum perangkat mengirim frame melalui link trunk. Pada ujung penerima, tag akan dihapus dan bingkai diteruskan ke VLAN yg di assign.

ingat, ada penambahan tag sebanyak 4 byte.

IEEE 802.1Q Frame

Berikut dot1q frame, lihat ada penambahan 4 byte(8bit x 4 = 32) diantara destination address dengan Type/LEN.




Menjadi lengkapnya seperti ini :



lengkapnya isi 4 byte nya :



Field Descriptions

This section provides detailed descriptions of the 802.1Q frame fields.

TPID—Tag Protocol Identifier

The Tag Protocol Identifier is a 16-bit field. It is set to a value of 0x8100 in order to identify the frame as an IEEE 802.1Q-tagged frame.

Priority

Also known as user priority, this 3-bit field refers to the IEEE 802.1p priority. The field indicates the frame priority level which can be used for the prioritization of traffic. The field can represent 8 levels (0 through 7).

CFI—Canonical Format Indicator

The Canonical Format Indicator is a 1-bit field. If the value of this field is 1, the MAC address is in noncanonical format. If the value is 0, the MAC address is in canonical format.

VID—VLAN Identifier

The VLAN Identifier is a 12-bit field. It uniquely identifies the VLAN to which the frame belongs. The field can have a value between 0 and 4095.

Frame Size

The 802.1Q tag is 4 bytes. Therefore, the resulting Ethernet frame can be as large as 1522 bytes. The minimum size of the Ethernet frame with 802.1Q tagging is 68 bytes.

Tidak ada komentar: